/World Book Day dan Semangat Perdamaian

World Book Day dan Semangat Perdamaian

TERNATE,JALAMALUT,com – Perayaan Hari Buku Sedunia (World Book Day) yang digagas Pemuda Mangga Dua Parton (Genpart) merupakan bagian dari membangkitkan semangat orang muda dalam menjalin perdamaian antar kampung.

“Selama ini, publik berpandangan, orang muda di Mangga Dua dan Toboko suka tawuran dan lain-lain, hari ini orang muda di sini membuktikan, ada sisi kreatif dari mereka. Beberapa rangkain kegiatan di World Book Day adalah bagian dari proses merawat perdamaian antar kampong,” kata salah satu pembicara dalam Kegiatan Mari Bacarita Literasi, Saiful Amarullah, Ketua Rumah Baca Pemuda Genpart saat malam penutupan acara World Book Day, di jalan reklamasi Mangga Dua, Sabtu 23 April 2016.

Tema dalam perayaan World Book Day yakni “Mari Torang Tingkatkan Budaya Membaca untuk Mewujudkan Generasi yang Cerdas”.

Adapun rangkaian kegiatan, khusus anak-anak yang di buat sebelumnya di antaranya Lomba Baca Puisi, Menggambar, Tarian Lalayon, dan Tarik Tambang. Kemudian di akhiri dengan Bacarita Literasi, berbagi pengalaman oleh para penggiat Literasi di Maluku Utara yang dipandu oleh Elmansur Tomagola, dari Nation Building Corner Library (NBCL) Ternate.

Hadir sebagai pencerita yakni, Kordinator Literasi Jalanan Adlun Fiqri, dr. Intan Andaru dari Rumah Suka Baca Mafa Gane Timur, Ketua Rumah Baca Pemuda Genpart Saiful Amarullah, Penulis dan Seniman Fadria Suaib, dan Suranto Ali, Relawan PKM Wadah.

Elmansur dari NBCL Ternate mengatakan, kegiatan yang digagas Genpart ini adalah kegiatan pertama kali dilakukan di Maluku Utara. lebih lanjut, Elmansur mengatakan, dikutip dari harian Kompas pada 21 April 2016 bahwa berdasarkan survey pada 61 negara yang dilakukan oleh Connecticut State University, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dalam hal minat baca.

Penulis: Supriyadi Sudirman

Views All Time
Views All Time
154
Views Today
Views Today
1
Like