/Putra Maluku Utara Akan Berbicara di Bangkok Forum

Putra Maluku Utara Akan Berbicara di Bangkok Forum

MALUKU UTARA patut berbangga pada sosok Yanuardi Syukur, dosen Antropologi Sosial, Universitas Khairun, Ternate, ini baru saja dipilih oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk menjadi pembicara mewakili akademisi dalam kegiatan Bangkok Forum yang akan digelar di Hotel Coutyard Marriot, Bangkok, Thailand pada hari Kamis-Jum’at (9-10/02/2017).

Pria kelahiran Tobelo tahun 1982 silam itu nantinya akan berbicara di hadapan berbagai akademisi dan manager think thank dari 13 negara di Asia-Pasifik, termasuk dari Amerika Serikat, Australia dan Inggris. Di hari dan forum yang sama juga direncanakan Dr. Surin Pitchuwan, mantan Sekretaris Jenderal ASEAN akan membawakan materi berjudul “The future of regional integration in South-East Asia and the Pacific: a perspective of ASEAN in the new global context.

“Bangkok Forum merupakan sebuah kegiatan lanjutan dari program building think thank Asia Pasifik yangg sebelumnya diadakan di Washington DC, Amerika Serikat,” kata pria yang saat ini sedang menempuh studi S3 di FISIP Universitas Indonesia ini.

“Forum ini ingin mempertemukan para manager think thank dan akademisi yang akan sharing dan membahas soal think thank di negara masing-masing dan juga untuk skala Asia Pasifik,” lanjutnya.

Rencananya ia sendiri akan membahas soal kualitas riset sebuah think thank dalam perspektif akademik, khususnya berdasarkan konsep antropologi yang dipelajarinya pada program doktoral Antropologi UI. Di forum itu juga ia akan membicarakan pentingnya lembaga think thank di Indonesia, termasuk di Maluku Utara yang secara geopolitik berdekatan dengan negara-negara Pasifik.

Dalam pertemuan di Bangkok nanti, mantan Sekretaris Rektor Universitas Khairun ini juga akan menjajaki kemitraan antara Universitas Khairun dengan beberapa kampus lainnya di Asia Pasifik dalam bentuk kolaborasi riset dengan tujuan pengembangan riset di Maluku Utara.

Menurut rencana, ia akan bertolak ke Bangkok pada hari Selasa (7/02) guna mempersiapkan diri untuk berbicara tentang kualitas riset (research quality), dari lembaga think thank bersama Dr. Alvin. P. Ang, Professor Ekonomi dari Ateneo de Manila University, Filipina; dengan moderator Panutat Satchachai dari Chulalongkorn Unversity Thailand pada Kamis, 9 Februari 2017 mendatang. (YS/MG)

Views All Time
Views All Time
141
Views Today
Views Today
1
Like