/Menjelang Hari Jadi Gamhas ke-14

Menjelang Hari Jadi Gamhas ke-14

TERNATE, JALAMALUT.com–Empas belas tahun sudah perjalanan organisasi Gerakan Mahasiswa Pemerhati Sosial (Gamhas) Maluku Utara (Malut). Tepatnya pada 23 Desember 2002, organisasi mahasiswa yang akrab dengan slogan ‘solidaritas dilarang takut’ ini didirikan oleh sejumlah mahasiswa di Kota Ternate.

Dalam sejarah perkembangannya, menurut salah satu aktivis Gamhas Rauda M Rio saat ditemui kru jalamalut.com di rumahnya, bahwa organisasi ini dibentuk oleh delapan mahasiswa yang sangat menentang kekuasaan. Diakuinya, mereka yang mendirikan organisasi ini merupakan orang-orang yang berpemikiran progresif dan sangat egaliter.

“Saya salut kepada para pendiri Gamhas, mereka mengajarkan kami menjadi generasi yang kritis dan berpemikiran maju,” katanya.

Rauda yang oleh teman-teman organisasinya akrab disapa Kawan Oda ini juga mengatakan, bahwa sejauh ini sudah banyak sekali persoalan kerakyatan di Maluku Utara yang diperjuangkan oleh Gamhas. “Bahkan kami juga sering membangun aliansi dengan organisasi lain dalam memperjuangkan masalah-masalah sosial,” tambahnya.

Komite Gamhas, Wiliam Ambeua kepada kru jalamalut.com menuturkan, menjelang Hari Jadi Gamhas yang ke-14 ini, dirinya dan kawan-kawannya sedang mempersiapkan sebuah persembahan untuk empat belas tahun perjalanan Gamhas.

“Usia ini sudah banyak juga yang kami lakukan untuk Maluku Utara. Kami juga telah melakukan banyak pengawalan terhadap persoalan kerakyatan. Sehingga tidak berlebihan jika kami ingin merayakan Hari Jadi Gamhas ini dengan menggelar beragam acara yang bertujuan mengingatkan kita tentang perjuangan,” paparnya.

Wiliam yang akrab disapa Kawan Exel juga menjelaskan, sejauh ini Gamhas diakui mendapat banyak sekali cobaan. Apalagi, menurutnya, kekuasaan sudah sangat kentara menciptakan ketergantungan dan budaya pragmatis bagi kalangan mahasiswa. Dirinya berharap, Hari Jadi Gamhas ini dapat menjadi pengingat agar mahasiswa, terutama kawan-kawannya dapat terus memperjuangkan nasib rakyat.

“Kita tidak boleh lemah. Semoga Hari Jadi Gamhas ini menjadi alarm dan penyegaran bagi kita semua untuk terus berjuang,” katanya. (KH)

Views All Time
Views All Time
179
Views Today
Views Today
1
Like