/Islam itu Mencintai Literasi

Islam itu Mencintai Literasi

Di era ini, Literasi menjadi kata yang familiar. Para pemerintah, walkhusus para pegiat literasi sedang semang-semangatnya mengampanyekan pentingnya literasi, sebetulnya ajaran Islam sejak lama sudah menekankan pentingnya literasi. Karena memang, Islam adalah agama anti kebodohan. Karena itu, Nabi Muhammad SAW menekankan pentingnya pendidikan untuk melepaskan manusia dari kebodohan (jahiliyah), karena kebodohan dapat menjerumuskan manusia pada kerusakan di muka bumi.

Disadur dari sebuah kisah diceritakan, setelah terjadinya perang Badar, ada 70 orang Quraisy Mekkah menjadi tawanan, mereka akan dibebaskan jika bersedia menjadi guru bagi sepuluh orang anak dan orang dewasa Madinah. Akhirnya, 700 orang terbebas dari buta huruf. Ibarat sistem Multiple Level Marketing (MLM), mereka pun diminta untuk menjadi guru bagi yang lain sehingga seluruh penduduk Madinah bebas dari buta huruf.

Dalam catatan sejarah saat masa keemasan Islam tidak terlepas dari budaya keilmuan membaca, meneliti, menulis dan berdiskusi. Masa emas ini bersamaan dengan terjadinya kemunduran dan kegelapan pada benua Eropa dan Amerika, tokoh-tokoh besar Islam sangat produktif dalam berkarya diberbagai bidang. Banyak tokoh Islam yang sampai saat ini terus dipelajari karyanya seperti Imam Syafii, Imam Hanafi, Imam Hambali, Imam Maliki, Ibnu Khaldun, Imam Ghazali, Ibnu Sina, Ibnu Taimiyah, dan masih banyak lagi.

Saya (Kanan) dengan istri saya (Tengah) saat foto bersama bang Sofyan Daud (Kiri) pada kegiatan Ternate Membaca tahun 2016

Saya, dan mungkin kita sekalian bisa membayangkan jika tidak ada budaya keilmuan dalam Islam, maka tidak ada kitab Islam kita tersampaikan dengan utuh, tidak ada sejarah Islam dan pelajaran-pelajarannya.

Sejarah juga telah menunjukan peradaban emas Islam adalah peradaban dengan puncak keilmuan yang tinggi. Salah satu instansi budaya yang berpengaruh dalam kemajuan peradaban Islam adalah perpustakaan-perpustakaan umum yang saat itu dikenal dengan istilah Darul Ulum.

Perpustakaan ini dibangun di Kairo. Selain itu, juga ada Darul Ulum Mosul, Darul Ulum Tripoli, Baghdad, Baitul Maqdis dan lain-lain yang masing-masing menampung ribuan buku. Para ilmuwan selalu menjadikan perpustakan–perpustakaan ini sebagai tempat aktivitas literasi dan riset.

Perlu diingat bahwa peradaban ada karena manusia. Dan manusia yang bisa menciptakan peradaban itu adalah yang benar-benar cerdas dan unggul. Untuk menciptakan manusia yang unggul dan cerdas tersebut, maka manusia itu harus membaca dan menulis. Tidak mungkin ada kecerdasan dan keunggulan manusia tanpa gerakan membaca dan menulis.

Kita bisa mengetahui kejayaan dunia Islam yang dibangun melalui gerakan kepenulisan dan buku-buku berkualitas. Dinasti Abbasiyah unggul karena adanya gerakan menulis yang dilakukan para ulama serta ketersediaan buku-buku perpustakaan. Dinasti Abbasiyah mendirikan perpustakaan yang sampai kini sangat terkenal di dunia, yakni Baitul Hikmah. Dari sini banyak lahir tokoh-tokoh hebat seperti Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Bukhari, dan berbagai filosof Muslim lainnya. Demikian juga dengan kemajuan Dinasti Turki Utsmani (Ottoman) yang sukses melahirkan manusia unggul seperti Muhammad al-Fatih.

Akhirnya, bahwa kita terkebelakang saat ini salah satu faktor pentingnya karena melupakan dan telah menjauhi, meninggalkan budaya literasi (membaca, meniliti, menulis, serta berdiskusi) ini.

Solusinya? Hidupkan budaya literasi. Bukankah Wahyu Pertama yang diterima Rasulullah SAW, diperintahkan Allah untuk membaca? “IQRA”.
Pentingnya membaca adalah pesan yang sangat ditekankan dalam Islam. Bahkan Al-Qurán yang agung pun disebut dengan nama kitab. Perintah membaca ada dalam wahyu pertama, walaupun ditujukan lewat Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam yang tidak pandai membaca, ini menunjukkan pentingnya membaca.

Di sinilah sebetulnya roh peradaban ilmu pengetahuan, dunia maupun kelak akhriat.

Wallahua’lam..
Barakallah.

#LITERASI
#Membaca
#Menulis

Oleh:  Abdullah Dahlan | ketua Garda Nuku

Views All Time
Views All Time
512
Views Today
Views Today
3
Like