/Dua Desa Diusulkan Menjadi Desa Adat di Kepulauan Sula

Dua Desa Diusulkan Menjadi Desa Adat di Kepulauan Sula

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara berencana menetapkan dua desa menjadi desa adat di Kepulauan Sula. Dua desa tersebut yakni, Desa Mangole dan Desa Waitina.

Peralihan status dua desa menjadi desa adat tersebut didorong oleh masyarakat adat setempat kemudian direspon oleh DPRD Kabupaten Kepulauan Sula. DPRD Kabupaten Kepulauan Sula melalui Badan Legeslasi (Banleg) bakal membaha hal tersebut dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk disahkan menjadi Perda.

“Saat ini kita masih bahas ranperdanya karena Desa Mangole dan Desa Waitina ini ditetapkan dengan Perda Kabupaten Kepulauan Sula. Mungkin sehari dua sudah bisa dibahas oleh Banleg DPRD,” kata Burhanudin Buamona, Ketua Banleg seperti yang dilansir lenteraonline.com, Senin, 19 Desember 2016.

Burhanudin pun menyarankan, para sangaji (pejabat adat) di desa lainnya, seperti Desa Capalulu dan Desa Orifola untuk ikut mengusulkan penambahan status sebagai desa adat.

“Sebab, untuk mengkat Desa Adat Waitina dan Mangole maka, dua desa itu tidak terpisah dari Desa Capalulu karena tiga desa ini memiliki latarbelakang sejarah yang sama,”katanya. (lo.kru)

Views All Time
Views All Time
180
Views Today
Views Today
1
Like