/Doro Somola, Miniatur Bair dan Raja Ampat di Galela

Doro Somola, Miniatur Bair dan Raja Ampat di Galela

Doro Somola atau juga Tanjung Bongo, begitu orang-orang di pesisir Galela induk menyebutnya, sebuah kawasan pantai yang didominasi oleh bebatuan lava yang beku di wilayah tenggara Soa-Sio, jaraknya kurang dari satu kilometer dan dapat dijangkau dalam waktu kurang dari 20 menit dari Pelabuhan Laut Galela. Jaraknya dari kota Tobelo (ibukota Halmahera Utara) juga hanya kurang dari 40 menit perjalanan darat.

Bagi yang tahu Raja Ampat di Papua atau Bair di Maluku Tenggara pasti akan merasa De Javu ketika bertandang ke tempat ini. Bagaimana tidak, dengan pulau-pulau mini berupa batu-batuan yang menjulang langsung dari dasar laut, kita akan disuguhkan dengan gradasi warna alam yang sangat indah, birunya air laut Teluk Galela, Hijaunya pepohonan yang tumbuh eksotis diatas pulau-pulau batu, hingga megahnya karang-karang dan keramaian ikan-ikan hias terlihat jelas dari dasar laut yang sebening kaca. Tidak ketinggalan, latarbelakang abadi berupa pemandangan gunung Tarakani Lamo dan Tarakani Ici yang unik juga dapat disaksikan di kejauhan.

foto-menu
Berada tepat didepan Soa-Sio, pusat Kecamatan Galela (Sumber: Dokumentasi Fitrawan Ramli)

Keberadaan Doro Somola yang merupakan rangkaian wilayah seluas kurang-lebih 1 kilometer (termasuk Tanjung Bongo) baru-baru ini booming dan diramaikan oleh wisatawan lokal di Halmahera Utara dan sekitarnya untuk bersantai, menikmati pemandangan ataupun melakukan aktivitas selfie. Keunikannya yang mirip Raja Ampat ataupun Bair adalah salah-satu diantara beberapa faktor yang membawa orang-orang untuk datang kesini.

Namun begitu, keberadaan Doro Somola dan ‘keterisolasiannya’ dari orang-orang lokal selama beratus-ratus tahun juga menjadi cerita (dan sekaligus faktor) kenapa Doro Somola baru dikenal baru-baru ini. Orang-orang sekitar kawasan ini percaya, bahwa tempat itu adalah rumah bagi Bangsa Moro, makhluk dari dimensi lain yang diyakini sering menculik manusia, dibawa ke alamnya untuk dinikahi dan tidak akan dikembalikan ke dunia manusia lagi untuk selama-lamanya. Oleh karena itu, keputusan untuk tidak mengeksplorasi kawasan Doro Somola adalah bentuk tindakan saling menghargai dan tidak mengganggu ‘Rumah orang Moro’ sebagaimana orang Moro juga tidak mengganggu kampung-kampung yang dihuni oleh manusia disekitarnya.

Berangkat dari kepercayaan tersebut, perlu dijadikan catatan bahwa hal tersebut juga sangat positif dalam hal menjaga kelestarian lingkungan. Terlebih dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, perilaku-perilaku tidak bertanggungjawab yang merusak seperti corat-coret graviti, buang sampah sembarangan, hingga bahkan melakukan aktivitas Freedive dan Snorkeling yang kasar dengan merusak terumbu karang. Kepercayaan terhadap keberadaan ‘Orang Moro’ adalah sebuah kearifan lokal berbasis lingkungan yang patut dipegang pantangannya oleh para wisatawan yang memang tertarik dan berniat untuk pergi ke sini.

Pemandangan yang indah, seperti di Bair dan Raja Ampat (Sumber: Google Images)
Pemandangan yang indah, seperti di Bair dan Raja Ampat (Sumber: Google Images)

Sejauh ini, fasilitas penunjang sebagaimana yang umumnya ada pada setiap destinasi wisata masih terbatas. Diharapkan, nantinya jika mulai dibangun, perhatian besar bisa lebih ditujukan pada menjaga keasrian lingkungan dan lebih menghormati alam, karena bagaimanapun, kawasan ini adalah kawasan yang dikeramatkan, dimana cerita-cerita dan etos yang tersimpan didalamnya merupakan bagian integratif yang sangat positif pengaruhnya pada pandangan generasi penerus terhadap lingkungan.

Snorkeling, asal jangan menyentuh bahkan merusak terumbu karang (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Snorkeling, asal jangan menyentuh bahkan merusak terumbu karang (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Jadi, kalau anda sudah paham bagaimana memperlakukan lingkungan, tunggu apa lagi, segeralah datang ke sini, menikmati keindahan alam sebagaimana di Raja Ampat dan di Bair sambil belajar kearifan dan volklor orang-orang Tobelo-Galela. Selamat datang!.

(Nana5)

Views All Time
Views All Time
435
Views Today
Views Today
1
Like