/Ayo ke Tidore, Menikmati Negeri Rempah-rempah dengan Sepeda

Ayo ke Tidore, Menikmati Negeri Rempah-rempah dengan Sepeda

HARI Minggu nanti, tepatnya pada 12 Maret 2017, Tidore bakal dikunjungi oleh sejumlah komunitas sepeda, di antaranya Unkhair Cycling Club (UCC) dan Gadjah Mada Gowes (GaMaGo). Saya mendengar kabar ini dari seorang dosen dan sempat membaca sebuah postingan yang lewat di beranda facebook.

Dua minggu lalu, saya berada di Tidore, dan saya sudah merasakan bagaimana rasanya berakhir pekan di negeri rempah-rempah itu. Setiap hari Minggu, Pemerintah Tidore Kepulauan menggelar car free day, tepatnya di pesisir kota Soa Sio. Saat itu, tidak tahu kenapa, ini sungguh aneh, saya bisa bangun lebih pagi dan menyaksikan orang-orang di Tidore mengantar matahari pagi.

Saya hanya menggunakan sendal jepit sembari duduk di atas trotoar. Beberapa orang dengan sepatu, berlari sambil menggunakan headset, ada juga yang bersama pasangan (saya curiga ini olahraga modus) hehe, bahkan banyak yang bersama kerabat juga keluarga.

Saya berdiri lalu menggerakan tangan dan kaki, beberapa gerakan yang pernah diajarkan oleh guru olahraga SD saya dulu. Tidak jauh dari tempat saya berdiri, terdengar musik senam zumba.

Tidak salah memang kalau Tidore menjadi tujuan untuk bersepeda bersama. Saya sudah tidak sabar, ingin berkunjung di hari Minggu nanti. Barangkali, lebih baik, saya bermalam minggu saja di sana, supaya dapat menikmati pagi di Tidore; menyaksikan matahari pecah di langit dan orang-orang yang mengayuh sepeda di pesisir kota.

Kegiatan ini semakin lengkap, saat rehat kita bisa duduk di tepi kota, menyeruput teh manis, sambil membuang jauh pandangan ke arah laut, menyaksikan hamparan pulau dan satu-dua perahu nelayan yang terlihat dari kejauhan.

Bersepeda bersama ini, kalau tidak salah, saya mendengar akan banyak sekali undangan yang datang, terutama dari kalangan akademisi. Sejumlah dosen dari Universitas Gadjah Mada (UGM) juga ikut berkunjung sembari menikmati Tidore dengan sepeda.

Saya belum tahu berapa banyak peserta yang akan terlibat dalam kegiatan ini, tapi saya sudah bisa membayangkan, betapa berapa banyak orang yang akan menemukan jodohnya di sini, eh. Ayo ke Tidore, jelajah segala keindahan dan kearifannya. Kalau tidak punya sepeda, duduk-duduk manis juga boleh. (*)

Penulis:

rajif-duchlun

Rajif Duchlun

TAGS:
Views All Time
Views All Time
174
Views Today
Views Today
1
Like