/Air Danau Ngade akan Dieksploitasi

Air Danau Ngade akan Dieksploitasi

Pemprov Kirim Sampel Air ke Kemenkes untuk Diuji

SOFIFI,JALAMALUT.com– Kondisi krisis air bersih di Kota Ternate mulai dipikirkan solusinya. Ini terutama menyangkut mengeringnya sumber mata air Ake Gaale di Kelurahan Sangaji sebagai salah sumber mata air penting di Kota Ternate. Untuk masyarakat Ternate yang berada di Utara kota saat ini sedang mengalami masalah air bersih yang terasa salobar atau payau.

Untuk masalah ini Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui  Gubernur Abdul Ghani mengaku sedang memikirkan  solusi terkait masalahini. “Salah satu solusinya yakni mengeksploitasi  air di danau Ngade  . Saat  ini Pemprov Malut telah mengirimkan sampel air ke Kementerian Kesehatan untuk diuji, apakah memenuhi syarat atau tidak. Jika memenuhi maka danau Ngade menjadi salah satu sumber air menggantikan sumber air Ake Gaale, yang rusak saat ini,”ujar  Gubernur saat   momen refleksi dua tahun kepemimpinan Gubernur Kamis (5/5) malam.

Dikatakan air salobar di Malut ini adalah masalah   lama, namun belum ada solusi konkrit.   Karena itu Pemprov harus segera mengambil langkah, sebab menyangkut hajat hidup orang banyak.”Air kebutuhan pokok, jadi harus segera diselesaikan. Kalau sudah tidak bisa diperbaiki, mau tidak mau solusinya harus diganti,” tambahnya.

Meski demikian Gubernur tidak merinci  lebih jauh kapan  masalah ini bisa diselesaikan.(HAH)

 

Views All Time
Views All Time
108
Views Today
Views Today
1
Like